Posted by: arsetyo | December 30, 2008

Welcome to KRUI

Krui, sebuah nama kota kecamatan di pesisir pantai barat Sumatera, berada diwilayah Kabupaten Lampung Barat dan berhadapan langsung dengan samudera Hindia.
Beberapa bulan terakhir ini aku begitu familiar dengan kota kecil di pesisir Sumatera ini, habis my luv sedang disana untuk tugas mengabdi kenegeri tercinta ini alias ptt, so aku musti bolak – balik kesana.

Nah berhubung sering kesana, n dah mencoba beberapa “metode transportasi” untuk menjangkaunya, maka aku pengen berbagi cerita di blog ini. Sebelumnya agar punya gambaran mengenai posisi kota ini bisa dilihat di peta wisata Lampung ini (Krui yang dilingkari merah).
lampung


Kota ini dapat dijangkau melalui dua jalur darat lintas sumatera, yaitu melalui jalur lintas tengah atau lintas selatan, untuk jalur lintas tengah maka akan melalui daerah daerah perbukitan, karena lintas tengah merupakan jalur utama transportasi darat ke kota – kota di sumatera, maka jalur ini cukup ramai, dengan kondisi jalan beraspal yang cukup bagus walopun tidak terlalu lebar. Jalur lintas tengah ini akan melalui beberapa kota yang termasuk besar seperti Natar, Sumberjaya, Kotabumi, Bukit Kemuning, Kenali dan Liwa. View sepanjang perjalanan sebagian besar adalah hutan, perkebunan kopi, perbukitan dan gunung-gunung dengan jurang yang cukup curam terutama ketika akan memasuki Liwa dan dari Liwa ke Krui, lama perjalanan melalui jalur ini dari Tanjung Karang ke Krui sekitar 8 Jam. Apabila melalui jalur ini maka kita akan melalui PLTA Way Besay (2 x 45 MW) yang terletak diperbukitan perbatasan antara Lampung Utara dengan Lampung Barat, dengan towernya yang kelihatan “asing” ditengah-tengah bukit yang hijau. Jalur yang kedua adalah melalui lintas selatan, jalur ini lebih cepat daripada jalur lintas tengah, n banyak melalui wilayah-wilayah pesisir pantai. di jalur ini ada beberapa ruas jalan yang masih berupa tanjakan tanah liat, so kalo musim hujan seperti ini jalur ini ngga recommended kecuali pengen uji nyali he he he :) , jalur ini termasuk sepi karena bukan jalur lintas utama sumatera, kota – kota yang dilewati antara lain Pringsewu, Tanggamus, dan Biha. View sepanjang perjalanan selain pantai pesisir barat juga kita akan melalaui taman nasional bukit barisan, so kalo beruntung mungkin kalian akan bisa melihat gajah Lampung yang terkenal itu he he he:) , kalopun ngga kalian bisa lihat kapal tanker yang terdampat diperkampungan orang Bali di daerah Biha, so keren ngga :).

Untuk sarana transportasinya tersedia beberapa pilihan, bagi yang suka langsung n ga mau repot-repot gonta-ganti bis, bisa langsung dari terminal Kampung Rambutan, Krui Putra itu nama bisnya, ada yang AC artificial n AC natural, tinggal pilih aja, untuk yang AC artificial jangan bayangin bisnya segede bis-bis antar kota antar propinsi di Jawa, tapi bayangin aja bis isi 30 penumpang yang biasa melayani antar kota dalam propinsi he he he so tempat duduknya agak mepet-mepet. untuk yang AC natural bis nya ada yang gede ada yang kecil tapi yang pasti sampe sana dijamin musti pijat 3 hari 3 malam he he he :), untuk bis – bis yang langsung ini melalui jalur lintas tengah Sumatera, and memakan waktu perjalanan sekitar 18 jam dari Jakarta ke Krui, so siap siap aja bawa pil anti ambeyen ya :).

Bagi yang agak bernyali n pengen nyoba travelling lintas Bukit Barisan, bisa mencoba metode yang kedua yaitu dengan naik Damri dari stasiun Gambir, bisa berangkat malam n pagi, terus habis itu turun di terminal Rajabasa, n then ngobrol – ngobrol dengan preman rajabasa he he he :), ga ding abis itu dari rajabasa bisa lanjut dengan Krui Putra melalui jalur lintas selatan dengan AC natural ato melalui lintas tengah dengan AC artificial.

N ini mungkin metode yang paling hot n menantang, tapi juga yang paling bikin tulang rontok he he he yang jelas paling murah lah he he :), dari kampung rambutan kamu bisa naek bis ke merak, trus abis itu kamu nyebrang ke bakaheuni naek ferry, trus abis itu kamu lanjut naek bis ke rajabasa, n then dari rajabasa kamu naek Krui Putra, dijamin sampai Krui semua sendi tulang serasa rontok he he he, tapi bener-bener puas travelling lintas Lampung, he he aku pernah nyoba sekali tapi bukan dari jakarta ke krui melainkan dari krui ke jakarta,cukup menegangkan n yang pasti abis itu semua tulang serasa rontok he he he :)

Mungkin metode yang terakhir adalah yang paling wah, yaitu naek sriwijaya air ke raden inten abis itu nyambung krui putra ato bawa mobil sendiri sampai krui he he he tentunya untuk semua metode transportasi except sriwijaya air tetep musti nyebrang selat sunda pake ferry, n bisa menikmati semilir angin selat sunda sambil nongkrong di buritan n memandang indahnya sun set selat sunda :), gimana tertarik berpetualang lintas lampung !!! welcome to KRUI :)
buritan


Responses

  1. halo aris…
    saya putra krui asli
    tapi sekarang di pulau sebrang…jawa

    salam kenal
    ymid : nitra_hafas

  2. halo mas
    salam kenal juga n terima kasih dah mampir diblog ini

    mas dari pulau pisang yaks, saya pernah memandang pulau pisang dari seberang sumaterahe he he :) . mau cerita – cerita tentang pulau pisang ngga neh, mungkin tentang kain tapis lampungnya.

    salam,
    arsetyo

  3. salma kenal
    bowaaat sdr2 ku yang di krui.

  4. Salam kenal juga mas Agung.

  5. Bener tuh perjalanan ke sana cukup menantang palagi kl lewat Pringsewu-Tanggamus-Biha…..lebih menantang dengan tanjakannya….kebetulan kakak dapat orang sana n sekarang stay disana…..pas di Krui nya dekat penjara…………disana juga banyak wisata asing……

  6. ih keren2 banget tuh i’m isvery like it OK! bye thank’s ya !

  7. yups, keren banget, jadi kangen pengen kesana lagi, maybe someday, jalan-jalan ke sana bareng keluarga mengenang masa-masa perjuangan :)

  8. uda dnger2 nama KRUI dari beberapa tmn2 surfer….
    ada planning trip ksana tuk surfing…
    tp budget yg backpacker..heheheh..
    gmn yee..
    bawa surfboard jg….
    n penginapan dsana gmn yaa.???

  9. kebetulan 2 hari yg lalu saya bru dr krui. iseng” search om gugel eh nyasar k sini.
    krui keren bgt…
    g kalah ma kuta beda d fasilitas aj kok
    utk yg biasa traveling dgn ransel pasti bkl bersorak gembira. utk penginapan rate ny 100-150 rb aj d daerah yg namanya pasar mulya. trus naek becak k pantai paling 5-10 ribu. ato jln kaki 20 menitan lah. brhubung d sana masi kota kecil jd klo yg namanya pndatang pasti ketara bgt. jd klo d tmpat makan suka d mahalin. selebihnya sumpah keren bgt!! klo saya jujur g cocok ma mknanya aj…slebihnya saya krasan d sana.
    next saya ingin nyoba nias. amiennn

  10. Thanks a lot yah dah mendeskripsikan kota ku yank kecil itu dengan indahnya.. Lengkap dengan perjalanan menggapainya.. Skrg memank krui makin banyak “memikat” para wisatawan baik dalam maupun luar negri.. Semoga warga krui bisa menjaga keaslian kota mereka.. Ohiyah kok tak mendeskripsikan pantaina yank unik yank hanya “dibelah” oleh selalau menjadi 2 bagian pantai yaitu berpasir putih dan berpasiir hitam..

  11. Lam kenal…Thanks a lot yah dah mendeskripsikan kota ku yank kecil itu dengan indahnya.. Lengkap dengan perjalanan menggapainya.. Skrg memank krui makin banyak “memikat” para wisatawan baik dalam maupun luar negri.. Semoga warga krui bisa menjaga keaslian kota mereka.. Ohiyah kok tak mendeskripsikan pantaina yank unik yank hanya “dibelah” oleh selalau menjadi 2 bagian pantai yaitu berpasir putih dan berpasiir hitam..

  12. Krui keren,,,kebtulan aku pnya pcr org krui,jadi pnh kesana dan harus aku akui, krui indah……:-)

  13. gw pngn bgt k krui..mo coba surf d sana.gw liat d internt swellnya mantb..
    butuh info d sana ada yg sewa longboard dan shortboard jg kah?? rencana pngn main d tj. setia, karang nyimbor dan way jambu..
    mohon infonya ya

  14. wah ternyata banyak yang penasaran pengen ke krui yah, jadi kangen pengen nostalgia kesana bareng istri, jadi inget malam2 listrik mati hujan deras diatas bukit pinggir pantai di karya penggawa, n juga kepiting rawa krui yang gede habis :)

  15. asslm
    jejama jelma krui ajo,,..!

  16. nice artikel. Saya sudah lama baca2 tentang Krui, kira-kira dari Krui bisa langsung ke danau ranau ga?
    Pengen coba dari krui, danau ranau trus ke pagar alam….hehehe

  17. bos…map sblumnya aq btuh bantuan nie.tlong bngt msuk pesan d fb q y
    ahmadmbarik@gmail.com
    ntar aq critanya lewat pesan fb aja…pliss
    mksih

  18. klu kawan2 yang pengin surfing ke krui.kunjungi aja blog ini. http://www.kruisurfzone.blogspoot.com

  19. gimana kondisi krui sekarang ya, makin mantaf aja kali :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: